Beranda > Tak Berkategori > MENGHILANGKANvirusSHORTCUT

MENGHILANGKANvirusSHORTCUT

Ini hasil uji coba saya sendiri dalam menghilangkan virus shortcut, yang sempat membuat saya greget. Minimalnya selama 3 hari saya bereksperimen untuk membasminya…CIAAT…..habisnya sebel banget nih virus. Tidak membuat system or kompi rusak sih, tetapi bikin greget aja. Dihapus, eh ada lagi, dihapus eh ada lagi. Kalau begitu terus, filling saya mengatakan bahwa ada file induk yang belum terhapus, mangkanya ekperimen pun terus mencoba untukmencari dan berusaha mendelete file induknya. GOGOGOGO…..!!!!

Sebenarnya saya sudah coba-coba dan cari-cari petunjuk untuk mengatasi virus ini. Namun referensi yang saya dapatkan belum dapat membantu membasmi virus ini. Akhirnya basmi dengan cara sendiri.

Beberapa ciri virus ini, ketika memasukkan FD
1. Membuat shorcut dari dari setiap file dan folder yang ada, sementara itu file dan folder aslinya disembunyikan. Ehem, aya-aya wae eta virus…
2. Ada file virusnya berbentuk exe plus dll. Kalau pengalaman saya, 3 exe dan 1 dll. (x.exe, xiaatur.exe, xiaature.exe dan dll nya ga apal namanya). Ditambah lagi dengan file alg.exe.
3. Penyebarannya tergolong cepat, tanpa kompromi, tanpa basa-basi dan tanpa permisi, karena antivirus tidak mengenalinya sebagai virus. Bisa via FD

Cara mengatasi untuk di FD
1. Gunakan smadav untuk mengembalikan file dan folder yang disembunyikan. (smadav membantu untuk memunculkan yang disembunyikan plus membantu untuk kill proses aktivitas sang virus, yang nantinya sang virus pun akan bisa dihapus)
2. File virus pun akan ikut muncul, dihapus saja.
3. sementara virus di FD telah teratasi.

Kalu di kompi
1. Cari file virusnya. Biasanya ada di my doc, tetapi ini tidak mesti, bisa di tempat lainnya. Mangkanya saya pergunakan msconfig, regedit, task manager dan smadav. Kalau menemukan hal-hal aneh di keempat tools tersebut, segera dicari deh.
2. Yang saya curigai x.exe, xiaatur.exe, xiaature.exe. Saya pun segera kill prosesnya, cari filenya, tak lupa cari registry, plus unable di msconfignya.
3. Smadav dalam hal ini membantu men-scan virusnya (walau ternyata sang virus shortcut ini tidak terdeteksi), plus juga untuk meng kill proses, ketika tugas meng kill tidak bisa dilaksanakan oleh task manager.
4. Mangga restart kompinya, setelah hidup masukkan FD, apakah masih ada shortcut yang dibuat sang virus? Pengalaman saya mengatakan, Alhamdulillah bersih..huhuy…

Itu saja pengalaman saya dalam membasmi virus shortcut. Semoga membantu. Maaf ilmunya masih koreh-korek cok, dikoreh dipacok, jadi ya seadanya. Mangkanya kalu bingung, sebenarnya saya juga bingung untuk cerita secara detail, karena tidak saya rekam euy.

Semoga membantu. AMIN

//SEMOGAtakLELAH//

Iklan
Kategori:Tak Berkategori Tag:
  1. September 29, 2010 pukul 2:22 pm

    sama juga tuh.. udah pake anti virus mana aja tetep kaga bisa, akhirnya jalannya sama kaya ente diatas… emang ntu jalan satu-satunya kayanya…

    • Oktober 23, 2010 pukul 7:33 am

      betul…bro…
      eh tapi katanya pake smadav yang baru udahversi 8.3 bisa…katanya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: