Beranda > Tak Berkategori > SEMARAKcucurak

SEMARAKcucurak

“Cucurak teu?” mungkin pertanyaan level pertama.

“Cucurak dimana yeuh?” dan ini mungkin pertanyaan dengan level berikutnya.

Dan pertanyaan-pertanyaan yang lain dengan tingkatan level yang berbeda-beda. Maka selanjutnya, banyak orang yang merencanakan cucurak mulai dari hari, tempat, siapa saja yang akan kumpul, hingga menu apa yang akan disantap nantinya. Biasanya yang diciptakan semangat kekeluargaan.

Demikianlah semarak cucurak kala menyambut Ramadhan. Tapi, ntar dulu What is the meaning of cucurak?

Edy menyebutkan Cucurak adalah tradisi warga Bogor menyambut bulan puasa, berupa kegiatan berkumpul bersama-sama lalu menggelar makan bersama seluruh anggota keluarga yang ikut. (Gatra.com)

Cucurak atau dikenal juga dengan nama Papajar adalah satu tradisi makan bersama dalam rangka menyambut Ramadan.(perca.multiply.com)

Mungkin dua pengertian di atas sudah mewakili pengertian-pengertian yang lain berkenaan dengan cucurak. Kalau diambil intinya, tetep kumpul dan makan-makan (babacakan) sebelum Ramadlan.

Kalau dari segi bahasanya sih, cucurak (mungkin atau bisa jadi) merupakan tradisi di tataran sunda. Entah kalau di daerah yang lain. Mungkin ada hal yang serupa dilakukan, tetapi menggunakan istilah lain, bukan dinamakan cucurak.

Apakah Anda dan orang-orang di sekeliling Anda juga ikut cucurak?

Ya, semoga cucurak yang dilakukan tidak melanggar aturan yang disyariatkan agama dan tidak juga mengurangi kekhusyu’an pelaksanaan ibadah Ramadhan yang akan dilakukan.

Ohya, bisa juga cucurak dijadikan ajang silaturahmi antar keluarga yang selama ini jarang berkesempatan bertemu dan juga ajang saling bermaafan secara on-air langsung di dunia nyata.

Terakhir, walau saya tidak ikutan cucurak, Mohon maaf lahir dan batin ya, semoga Islam memang benar-benar Kaffah. Insya ALLAH….

HaDe Family (Hasan-Dewi)

//SEMOGAtakLELAH//

Iklan
Kategori:Tak Berkategori Tag:,
  1. November 29, 2010 pukul 12:48 pm
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: