Beranda > Tak Berkategori > KAPANpuasanya?

KAPANpuasanya?

Yang pasti, wajibnya puasa ketika memasuki bulan Ramadhan yaitu tepat tanggal SATU, tidak lebih dan tidak kurang. Seperti halnya tujuhbelasan itu kapan? Ya, kalu mafhum 17 Agustus, berarti ntar dong 17 Agustus.

Tapi tunggu, kalu 17 Agustus mah ga mesti memakai perhitungan bulan, karena 17 Agustus bukan terlahir dari sebuah seruan Sang Kholiq untuk harus bin kudu dilaksanakan. Tujuh Belasan mah cuman ajang memorial saja, selebihnya untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan fisik saja.

MERDEKA!! Dalam arti kita tidak sedang diperangi secara langsung, dor to dor….Namun dalam arti kesengsaraan jiwa dan raga pun secara psikologis kita masih dijajah dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dimana rambut-rambut tergerai begitu saja –terutama bagi kaum hawa– tanpa rasa malu dan berdosa, bahwa rambut diamanahkan untuk ditutupi. Telinga kita pun terjajah dengan info-info yang tidak sedap seperti infotainment yang tidak pernah bermutu. Ya, kita memang belum MERDEKA!! Dijajah dalam pemikiran dan kebudayaan.

Okelah, kita tinggalkan tujuh belasan yang memang tidak ada syariat dari NYA. Trus kapan puasanya? Kemarin pas acara tarhib Ramadhan dan di beberapa selebaran waktu imsakiyah, insya ALLAH pada tahun 2010 ini, 1 Ramadhan 1931 H akan bertepatan pada hari Rabu tanggal 11 Agutus 2010.

BULANawalBULAN

Lantas, bagi saya pribadi sih, untuk lebih meyakinkan ditambah dengan membaca artikel ini nih, tetep akan menunggu kabar prosesi penglihatan Hilal. Tanggal 11 sendiri sebagai patokan kapan mulainya peneropongan hilal di langit sana.

Seperti tahun yang sudah-sudah, saya bisa dapatkan informasi dari internet atau sms dari teman. Kalupun saya telat mendapatkan info, misalnya siang harinya, sementara saya belum berniat puasa, maka saya tetap imsak (berhenti makan dan minum) dan untuk hari pertama puasa tersebut saya ganti di hari yang lain, bisa sambil nyawalan gitu deh.

Oh ya, sekedar tambahan catatan ini, saya kutip sebagian artikel dari tempat yang sama.

Khatimah

Perbedaan awal dan akhir puasa di negeri-negeri Islam hanya merupakan salah satu potret keadaan kaum Muslim. Kendati mereka satu ummat, namun secara kongkrit umat Islam terpecah-pecah. Di samping masih mengeramnya paham nasionalisme yang direalisasikan dalam bentuk nation state di negeri-negeri Islam, keberadaan khilafah sebagai pemersatu ummat Islam hingga sekarang belum berdiri (setelah khilafah Islamiyyah terakhir di Turki diruntuhkan oleh kaum kuffar). Ketiadaan khilafah inilah menjadikan kaum muslimin berpecah-pecah menjadi lebih dari lima puluh negara kecil-kecil, yang masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri.

Karena itu, solusi mendasar yang benar untuk menyelesaikan semua prob­lematika kaum muslimin tersebut sesungguhnya ada di tangan mere­ka. Yaitu, melakukan upaya dengan sungguh-sungguh bersama dengan para pejuang yang mukhlish untuk melangsungkan kembali kehidupan Islam dengan mengembalikan keberadaan Daulah Khilafah, mengangkat seorang khalifah untuk menyatukan negeri-negeri mereka dan mener­apkan syariْat Allah atas mereka. Sehingga kaum muslimin bersama khalifah, dapat mengemban risalah Islam dengan jihad kepada seluruh ummat manusia. Dengan demikian kalimat-kalimat orang kafir menjadi rendah dan hina. Dan sebaliknya, kalimat-kalimat Allah Swt menjadi tinggi dan mulia. Kaum muslim­in hidup dengan terhormat dan mulia di dunia, mendapatkan ridha Allah Swt dan mendapatkan pahalanya di akhirat nanti. Allah Swt berfirman:

Dan katakanlah bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaanmu itu dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah Swt) yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan (QS al-Taubah [9]: 105).

//SEMOGAtakLELAH//

Iklan
Kategori:Tak Berkategori Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: