Beranda > Tak Berkategori > Profile Perwira Aba

Profile Perwira Aba

SEJARAH PENDIRIAN

Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf (Perwira AbA) adalah sebuah lembaga pengembangan kewirausahaan yang berada dibawah naungan formal Yayasan Amalul Muzaki dan berdiri sejak tanggal 4 Februari 2000. Sejak awal berdiri, Perwira AbA sangat concern terhadap pengembangan dunia kewirausahaan. Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan dunia kewirausahaan, baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun bermitra dengan lembaga lain telah dilaksanakan di lembaga ini.

Konsep pesantren sendiri disusun sejak pertengahan tahun 1999 setelah studi banding ke berbagai lembaga pendidikan dan pesantren di Indonesia serta lembaga pengembangan masyarakat di Malaysia. Areal pesantren sebelumnya merupakan rumah keluarga berarsitektur jawa dengan pendopo di bagian depan rumah. Rumah ini sebelumnya merupakan tempat tinggal mantan Kepala Desa Bulan di era 1960-an beserta keluarganya dengan 9 orang putra-putri. Setelah beliau wafat sedangkan putra putrinya tersebar di berbagai daerah, rumah ini sempat menganggur selama lebih dari 10 tahun. Atas inisiatif putra-putrinya, disepakatilah untuk mengabdikan rumah ini demi kemaslahatan umat. Akhirnya, berdirilah pesantren wirausaha dengan program pendidikan bebas biaya bagi kalangan kurang mampu. Berbagai prasarana pendidikan dipersiapkan disertai dengan prasarana bisnis untuk mendukung aspek financial bagi operasional pesantren ini.

Dengan lokasi di Dukuh Tlangu RT.03 RW.02, Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pesantren ini menempati areal tanah seluas ± 1.500 m 2 bangunan pesantren terdiri dari ; masjid berkapsitas 60 jamaah, ruang aula dan pendidikan, 8 unit rumah pengelola, 2 quest house, dan asrama santri yang dapat menampung 50 santri. Setiap kamar terdiri dari 6 bed dengan satu kamar mandi. Beberapa lahan dan bangunan juga dimiliki pesantren ini ; 1) Areal peternakan seluas 6.000 m 2 untuk pengembangan ternak ayam pedaging berkapasitas 6.000 – 9.000 ekor, ternak kambing berkapasitas 100 ekor dan ternak sapi pedaging berkapsitas 60 ekor. 2) Areal Pondok Sehat Alami, menempati lahan seluas ± 200 m 2 . 3) Areal Rumah Potong Ayam [RPA] menempati lahan seluas 1.000 m 2 .

Visi : Menjadi lembaga pendidikan terkemuka yang mampu mencetak wirausahawan yang mandiri, profesional dan berkepribadian Islam.

Misi
: Menyelenggarakan pendidikan berskala nasional yang memadukan aspek profesionalisme, kemandirian dan kepribadian Islam.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai oleh Perwira AbA adalah menyiapkan generasi muda Islam yang memiliki kemampuan wirausaha, berjiwa mandiri dan berkepribadian Islam. Untuk mendukung tujuan ini maka akan dikembangkan jaringan usaha antar alumni Perwira AbA dan pengusaha mitra yang memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan umat Islam.

KONSEP PENDIDIKAN

Setelah melalui studi banding dan berbagai kajian, konsep pendidikan Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf (Perwira-AbA) dirancang dengan mengacu pada 3 pilar pembentukan pribadi yang utuh yaitu yang Profesional dalam pembuatan keputusan, Mandiri dalam menentukan sikap dan Berkepribadian Islam.

Konsep ini disusun dengan bersandarkan pada pemahaman bahwa tujuan pendidikan Islam pada hakekatnya adalah mencerdaskan akal dan pembentukan jiwa yang islami. Oleh sebab itu, hasil pendidikan yang menjadi tujuan dari Perwira AbA adalah pribadi komprehensif seperti tercermin dalam diri Abdurrahman bin Auf yaitu sosok sababat Rosulullah SAW sebagai pengusaha sukses yang berkepribadian Islam. Untuk mendukung nuansa kewirausahaan dalam proses pendidikan, peserta didik di Perwira AbA diberikan sebutan Taruna Pengusaha Profetik yang berarti calon pengusaha yang profesional dan ber-etika.

STRATEGI

Out Sourching :

Bermitra dengan tenaga ahli dari luar Perwira AbA yang memiliki keahlian spesifik.

Aliansi Strategis :

Menggandeng lembaga lain untuk bekerjasama.

Fokus :

Memfokuskan diri pada kegiatan yang mendukung visi, misi dan tujuan.

Optimalisasi Sumberdaya :

Mengoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai visi, misi dan tujuan.

Self Financing :

Membiayai sendiri segala kebutuhan operasional pendidikan dari bisnis-bisnis yang dilakukan Perwira AbA sehingga dapat membebaskan segala biaya pendidikan.

Purnabakti :

Memberikan kesempatan pada alumni Perwira AbA untuk melaksanakn purnabakti di unit bisnis milik Perwira AbA guna mengasah kemampuannya.

Simbiosis Mutualistis :

Menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Hasil comotan, semoga bermanfaat. Dicomot dari http://pesantrenwirausaha-aba.net

//SEMOGAtakLELAH//

Iklan
Kategori:Tak Berkategori Tag:,
  1. rama
    Juli 6, 2010 pukul 8:17 am

    Perasaan baru denger deh… soalna sayah 1 tahun loh di klaten…dan alhamdulillah semua daerah klaten dah terjelajahi…

    • Juli 6, 2010 pukul 8:50 am

      ehem…wah ko belum tau sih..
      Saya termasuk salah satu TARUNA (sebutan santrinya) angkatan pertama tahun 2001-2002…
      monggo dicek malih mas…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: